Pribadi Muslim Ideal, Buku Karya Dr. Muhammad Ali Al Hasyimi

Buku setebal 400 an halaman ini saat kita membacanya, seakan kita dibawa oleh penulis ke alam nyata dengan petunjuk yang jelas dalam al Quran dan as Sunnah. Setiap aktiftas keseharian kita, ternyata semuanya telah di bingkai dan di pandu dalam ayat dan hadits. Pantaslah ...

Buku yang berjudul "Pribadi Muslim Dambaan Umat ...", judul versi terjemahan ini merupakan buku yang penting kita baca. Karena buku ini merupakan kajian komprehensif berlandaskan al Quran dan As Sunah yang sangat kita butuhkan dalam menjalankan aktifitas keseharian kita, baik sebagai pribadi, suami, isteri, anak, keluarga, orang tua, shahabat, anggota masyarakat, ditempat kerja, dimesjid dan yang lainnya.

Dr. Muhammad Ali al Hasyimi, penulis buku ini memaparkan temuan-temuan beliau di lapangan, seperti ungkapan beliau dalam mukadimah buku ini:
"...berawal ketika saya banyak menemukan dalam komunitas masyarakat muslim tersebarnya fenomena menganggap sepele terhadap ajaran-ajaran agama Islam di satu sisi dan disisi lain sebahagian masyarakat terlalu berlebihan dalam menerapkan ajaran Islam tersebut. Sebagai contoh dari beberapa kasus yang saya temukan, ada seorang muslim yang berambisius untuk mendapatkan barisan pertama dalam setiap shalat jamaah, namun ia tidak memperhatikan kebersihan mulutnya yang selalu menimbulkan bau busuk atau pakaiannya yang kotor dan menimbulkan aroma tidak sedap. Juga, ada seorang muslim yang rajin beribadah, akan tetapi ia tidak melaksanakan hak-hak keluarganya dengan baik..."

Buku ini sejatinya dibaca juga oleh para guru, ustadz, da'i, penyuluh agama dan segenap civitas yang senantiasa melakukan amar makruf nahi mungkar.
"...Lebih mengagetkan lagi, fenomena-fenomena yang tidak baik tadi terdapat pada mereka yang sering disebut-sebut sebagai Da'i dan aktivis dakwah. Dimana yang semestinya, mereka-mereka ini adalah orang yang memiliki ketajaman dalam sensitifitas islami, pemahaman mendalam pada hukum, etika dan nilai-nilai islami serta memiliki ketaatan yang sungguh-sungguh pada ajaran-ajaran agama. Akan tetapi ternyata, kesibukan, kelalaian atau tidak perhatian telah membuat sebagian para Da'i jatuh dalam kubangan kesalahan tersebut. Baik mereka sadari atau pun tidak..."

Secara garis besar buku ini mengkaji sembilan sub judul, yaitu:
1.Muslim bersama Tuhannya.
2.Muslim bersama dirinya.
3.Muslim bersama kedua orang tuanya.
4.Muslim bersama isterinya.
5.Muslim bersama anak-anaknya.
6.Muslim bersama keluarga dekat dan keluarganya yang jauh.
7.Muslim bersama tetangganya.
8.Muslim bersama shahabatnya.
9.Muslim bersama masyarakatnya.

Buku setebal 400 an halaman ini saat kita membacanya, seakan kita dibawa oleh penulis ke alam nyata dengan petunjuk yang jelas dalam al Quran dan as Sunnah. Setiap aktiftas keseharian kita, ternyata semuanya telah di bingkai dan di pandu dalam ayat dan hadits. Pantaslah kalau sekiranya kita mengatakan buku ini sebagai kamus berjalan al Quran dan hadits mengenai pribadi muslim komprehensif sebagai dambaan umat.

"...Saat ini, umat manusia umumnya dan masyarakat muslim khususnya, sangat mendambakan kehadiran generasi pribadi muslim yang unik tersebut. Untuk membawa perubahan pada hidup menjadi lebih baik. Nilai-nilai kemanusiawian yang agung terlahir kembali. Hakikat kebenaran Islam tidak terlihat tanpa adanya generasi yang konsisten mengamalkan ajaran Islam tersebut.
Bagaimanakah bentuk gambar generasi yang unik tersebut? Jawabannya akan pembaca temukan pada lembaran-lembaran setelah ini..."

Muslim dambaan umat adalah "...Islam tidak menitikberatkan ilmu falsafah untuk mengisi otak manusia sebagaimana yang dilakukan orang Yunani. Tidak juga mengutamakan aktifitas rohani yang lugu dan menyesatkan sebagaimana yang dilakukan orang-orang Hindu. Bukan pula melalui pendidikan jasmani  (olahraga) seperti yang dilakukan orang-orang Romawi. Bukan juga dengan falsafah materialistis seperti yang dianut dunia material saat ini, baik Timur ataupun Barat. Namun, Islam telah meletakkan metode yang seimbang dan paripurna dalam membina insan kamil dengan memperhatikan aspek-aspek manusia seutuhnya yang tercipta atas  unsur jasad, ruh, dan akal fikiran."

Semoga bermanfaat!

================
MEMBENTUK PRIBADI MUSLIM IDEAL;
Sebuah Kajian Komprehensif Berdasarkan Al Quran dan As Sunnah
Judul Asli: Syakhshiyatu Al Muslim Kamaa Yashughuha Al Islam Fi Al Kitab Wa Al Sunnah
Karya: Dr. Muhammad Ali Al Hasyimi
Kata Pengantar : Dr. Atabik Luthfi, MA.
Alih Bahasa: H. Gozali J. Sudirjo, Lc, dkk.
Penerbit: al I'tishom, Jakarta
Tahun: 2012
================

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pribadi Muslim Ideal, Buku Karya Dr. Muhammad Ali Al Hasyimi"

Post a Comment

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih