Ciri-ciri Wanita Baligh

Seorang muslimat pernah bertanya, bahwa temannya sudah mencapai usia 22 tahun namun belum haid karena ada suatu penyakit di rahimnya, apakah ia sudah dikatakan baligh atau belum? trus apa saja ciri-ciri wanita yang telah baligh?

Dalam beberapa referensi Fiqih, diantaranya kitab "Fiqhus Sunah" karya Sayid Sabiq dan kitab "al Fiqhu al Islami wa  Adillatuha" karya Dr. Wahbah Zuhaily dijelaskan, bahwa ciri-ciri wanita yang telah mencapai aqil baligh sebagai berikut:

1. Berusia 15 tahun perhitungan Qomariyah (kalender Hijriyah). Dengan dalil:
وَعَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ : { عُرِضْت عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ أُحُدٍ وَأَنَا ابْنُ أَرْبَعَ عَشْرَةَ سَنَةً فَلَمْ يُجِزْنِي ، وَعُرِضْت عَلَيْهِ يَوْمَ الْخَنْدَقِ وَأَنَا ابْنُ خَمْسَ عَشْرَةَ فَأَجَازَنِي } رَوَاهُ الْجَمَاعَةُ
Artinya: Dari Ibnu Umar ia telah berkata, "Saya meminta izin kepada Rasulullah Saw untuk ikut perang Uhud, sedang waktu itu usia saya 14 tahun, Rasulullah tidak mengizinkan. Dan saya pun meminta izin untuk ikut perang Khandak, usia saya saat itu 15 tahun, maka Rasulullah mengizinkan saya ikut berperang." (HR. Al jamaah)

2. Keluar air mani. Dalilnya adalah Surat An Nur ayat 59, dan hadits Rasulullah Saw:
"Dari Ali Karamallahuwajhah, sesungguhnya Rasulullah Saw telah bersabda: Diangkatnya pena (malaikat pencatat amal) karena tiga perkara; anak kecil hingga baligh (keluar mani), yang tidur hingga terbangun, dan yang gila hingga kembali waras." (HR. Abu Daud)

3. Keluar darah haid. Dalilnya:
لا يقبل الله صلاة امرأة قد حاضت إلا بخمار
Artinya: Allah Swt tidak menerima shalat seorang wanita haid, dan ia telah berkerudung. (HR. Ibnu Huzaimah dari Aisyah). Wanita haid maksudnya, wanita yang telah mencapai usia haid. Sedang berkerudung, maksudnya wanita yang sudah berkewajiban memakai kerudung, yaitu usia baligh.

4. Tumbuh bulu di kemaluan. Dalilnya:
وَعَنْ سَمُرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : { اُقْتُلُوا شُيُوخَ الْمُشْرِكِينَ ، وَاسْتَحْيُوا شَرْخَهُمْ } وَالشَّرْخُ الْغِلْمَانُ الَّذِينَ لَمْ يُنْبِتُوا رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ
Artinya: Dari Samrah, sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda: "Bunuhlah oleh kalian orang musyrik dewasa, dan biarkan hidup diantara mereka syarkhu." (HR. At Tirmidzi) Syarkhu adalah anak yang belum tumbuh bulu di kemaluannya.

5. Wanita Hamil, karena wanita hamil sebagai tanda ia telah keluar mani, maka ia telah dikatakan baligh.

Dengan demikian jika salah satu diantara lima ciri diatas ada, maka wanita tersebut telah dikatakan baligh.

Adapun ciri-ciri pria baligh adalah sama dengan diatas, kecuali haid dan hamil. Jadi kalau laki-laki ciri-cirinya hanya ada tiga; berusia 15 tahun, keluar mani (mimpi ataupun tidak) dan tumbuh bulu di sekitar kemaluan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-ciri Wanita Baligh"

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih