Dr. Atabik Luthfi, MA; Membentuk Pribadi Muslim Ideal, Karya Dr. Muhammad Ali al Hasyimi Menghadirkan Pribadi Qurani dan Nabawi

ReferensiMuslim.Com - Karya Dr. Muhammad Ali al Hasyimi kali ini hadir tepat pada waktunya, saat seorang muslim dan muslimah membutuhkan acuan referensi agar mampu hadir sebagai seorang muslim dan muslimah yang kaffah (total) secara kepribadian yang ditunjukan dalam prilaku sehari-hari terhadap Tuhannya, orang tuanya, suami atau isterinya, keluarga dan anak-anaknya, saudara dan sahabat-sahabatnya, tetangga serta masyarakat sekitarnya. Jangan sampai terjadi seperti ungkapan Syekh Muhammad Abduh, “Al-Islamu Mahjubun Bil Muslimin”; kebaikan dan keagungan Islam justeru (ditutupi) tercoreng oleh perilaku penganutnya yang bersebrangan.

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa karya ini lengkap pada bidangnya, ditinjau dari tiga aspek;

Pertama, referensi yang dijadikan acuan dalam pembahasan kepribadian muslim dan muslimah karya ini adalah al Quran dan As Sunnah, sehingga akan menghadirkan pribadi yang Qurani dan Nabawi.

Kedua, karya ini hadir berdasarkan fenomena riil di lapangan yang diamati oleh penulis lebih dari sepuluh tahun. Kegelisahan beliau inilah yang menjadi nilai plus dari karya ini, karena beliau berusaha untuk mencari solusi atas problem kepribadian umat dewasa ini.

Ketiga, contoh-contoh yang penulis paparkan merupakan kejadian dan peristiwa sehari-hari, bukan rekayasa yang digubah dalam bentuk sandiwara atau sinetron.

Sistematika pembahasan dalam buku ini sederhana, namun syarat dengan nilai dan muatan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan diaplikasikan. Urutan pembahasannya juga tepat berdasarkan skala prioritas; diawali dari pembahasan tentang hubungan sorang muslim dan muslimah dengan Tuhannya hingga hubungan mereka dengan masyarakat sekitarnya secara luas dan menyentuh lapisan hubungan yang senantiasa hadir bersama seorang muslim dan muslimah dalam kesehariaannya tanpa terkecuali.

Dr. H. Atabik Luthfi, MA.
(Ketua Prodi Hukum Islam Progran Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Ketua IIKADI Jakarta)


Judul Buku : MEMBENTUK PRIBADI MUSLIM IDEAL
                    (Menurut al-Quran dan As-Sunnah)
Judul Asli : Syakhshiyatul Muslim Kamaa Yashuguhal Islam Filkitab Wa Sunnah
Kata Pengantar   : Dr. H. Atabik Luthfi, MA.
Penerjemah         : H. Gozali J Sudirjo, Lc, dkk
Penerbit              : Al-I’tishom, Jakarta
Terbit                  : 322 halaman, 15.5 X 24 cm, Cetakan Pertama, Maret 2012

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dr. Atabik Luthfi, MA; Membentuk Pribadi Muslim Ideal, Karya Dr. Muhammad Ali al Hasyimi Menghadirkan Pribadi Qurani dan Nabawi"

Post a Comment

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih