Home » , , » FIQIHPEDIA, Ensiklopedi Fiqih Departemen Wakaf dan Urusan Islam Kuwait Versi Indonesia

FIQIHPEDIA, Ensiklopedi Fiqih Departemen Wakaf dan Urusan Islam Kuwait Versi Indonesia

Written By ReferensiMuslim.Com on Friday, March 23, 2012 | 10:18 PM

referensimuslim.com - Ensiklopedi Fiqih ini bersumber dari Kitab Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaityah yang diterbitkan oleh Departemen Wakaf dan Urusan Islam Kuwait. 


Ada beberapa keunggulan ensiklopedi ini, misalnya :
1. Ensiklopedi ini tidak disusun berdasarkan mazhab tertentu, tetapi semua Mazhab Fiqih Islam yang ada dijelaskan satu persatu dengan lugas, lengkap dengan dalil dan kitab-kitab rujukan kepada masing-masing mazhab.
3. Ensiklopedi ini tidak disusun berdasarkan bab-bab fiqih seperti umumnya, tetapi disusun materinya berdasarkan ajbad. Maka kitab ini memang disebut sebagai Ensiklopedi. Dan cara ini tentu sangat memudahkan bagi para peneliti, dosen, mahasiswa atau masyarakat umum yang ingin cepat mendapatkan rujukan.
4. Begitu banyak masalah fiqih yang tidak tercantum di kitab-kitab sebelumnya, ternyata di dalam Ensiklopedi ini semua dijelaskan dengan sangat lengkapnya. Selain itu kajiannya sangat mendalam, luas dan yang lebih penting adalah masalah akurasinya. Hampir semua materi diberi footnote yang menginformasikan sumber rujukan dari kitab-kitab fiqih yang muktamad (terpercaya).
5. Ensiklopedi ini bukan karya perorangan tetapi team yang terdiri dari ratusan ulama yang pakar di bidangnya dari berbagai belahan dunia. Mereka bekerja siang malam menyusun, meneliti, membahas, mendiskusikan, membedah kitab-kitab rujukan sehingga akhirnya selesai hingga terbit dan bisa dinikmati semua orang. 
6. Ensiklopedi ini menghindari pentarjihan perbedaan pendapat yang bersifat pribadi. Jadi kita tidak akan digiring untuk mengikuti satu pendapat dari sekian banyak pendapat yang ada. Semua pendapat dijabarkan dengan adil dan lengkap, tapi tanpa kesimpulan mana yang benar atau salah. Kalau pun ada kesimpulan, paling jauh hanya disebutkan bahwa jumhur ulama (mayoritas) mengambil berpendapat tertentu.

Kitab ini bisa dibuka dengan program Maktabah Syamilah. Keunggulannya, kita bisa melakukan pencarian (searching) dengan cepat. Lalu juga bisa dicopy paste. Kekurangannya, tampilannya kurang enak dibaca.

Versi P
DF yang ini memang tidak bisa dicopy paste teksnya, juga kita tidak bisa melakukan pencarian. Tapi karena versi PDF ini merupakan hasil scan dari kitab aslinya, membacanya malah enak, karena tampilannya persis seperti buku aslinya.

Demikian semoga bermanfaat.

Keterangan lainnya:

Versi Indonesia klik link berikut : 

Download Versi asli (bahasa Arab) format PDF sebanyak 45 jilid : 

Atau Link Maktabah Waqaf ini sebanyak 45 jilid : 


Link : kampussyariah.com dan di update referensimuslim.com

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Home | Site Map | Iklan
Copyright © 2010-2014. ReferensiMuslim.Com - All Rights Reserved
By. CreatingWebsite | @GozaliSudirjo