KEMENANGAN HANYA UNTUK JIWA PEMENANG!


ReferensiMuslim.Com - berikut adalah kata sambutan untuk murid SMPIT As-Syifa di buku kenangan, semoga bermanfaat.
 
KEMENANGAN HANYA UNTUK JIWA PEMENANG!

Tak usah tergesa, saya telah datang
Tanpa halangan menjawab tantangan
Dengan niat, mata hati dan kebenaran
Datang menyongsong setiap kemenangan
Ini adalah bait syair Ali bin Abi Thalib karamahullahu wajhah. Bait syair yang melegenda, saat menjawab tantangan berduel seorang Amr bin Wad, panglima senior kaum Quraisy di pertempuran Khandaq.
Ali sampai tiga kali memomohon kepada Rasulullah Saw, agar ia diperkenankan berduel dengannya. Meski secara usia dan pengalaman berperang, Ali jauh dibawah Amr bin Wad, namun Ali berhasil mengalahkannya.
Dari malaf sejarah ini kita mendapatkan beberapa mutiara hikmah,
Pertama, niat. Posisinya menentukan segalanya. Niat yang kuat, akan melahirkan motivasi menggelora. Gelora ini menjadi energy dan pada akhirnya menjelma menjadi karya-karya genuine. Pantaslah Imam Syafi’I mengatakan, niat sepertiga sebuah amal dan karya!.
Kedua, mata hati. Adalah lentera dan peta jalan. Ia sebagai media pengantar dan sekaligus bridge antara yang pertama dan ketiga, antara niat dan kebenaran. Karena niat baik, meski ditopang dengan karya yang terbingkai aturan dan guidance.
Ketiga, kebenaran. Ia adalah nilai maha agung. Kebenaran pasti menang. Pertanyaan besarnya, seberapa yakin para pengusung kebenaran ini akan kemenangan? Seperti keyakinan Ali bisa mengalahkan lawan, diatas kertas lebih diunggulkan. Namun, dengan niat, mata hati dan kebenaran Islam menjadi energy maha dahsyat.
Demikianlah, kita yang sudah mendapatkan tiga spirit ini di bumi peradaban As-Syifa. Sebagai bekal kelak saat antum/antunna menapaki tangga-tangga kehidupan ini. Terus kita pupuk niat, menjaga mata hati dan cita-cita kebenaran. Dengan niat, mata hati dan kebenaran. Ia datang menyongsong setiap kemenangan!
“Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur.” (QS. Al-Furqon: 62)

Subang, 13 April 2013
H. Gozali Sudirjo, Lc, Dipl.

Berbagi dengan Admin Follow @referensimuslim atau @GozaliSudirjo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEMENANGAN HANYA UNTUK JIWA PEMENANG!"

Post a Comment

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih