Universitas Kehidupan Berbasis Al-Fatihah | Download PowerPoint

referensimuslim.com - Terlalu sering melihat, mendengar, atau membaca sesuatu terkadang menumpulkan jiwa sensitivitas kita akan kehebatan sesuatu, diantara kemukjizatan yg banyak terlupakan dan hanya sekedar menjadi bacaan rutin itu adalah Al Fatihah. Padahal 7 ayat yg diulang ini sarat makna dan harus di internalisasi agar menjadi "habits" setiap muslim.

Al Fatihah Memang Luar Biasa

AL FATIHAH, surat paling agung yg diturunkan Allah kpd manusia. Ia dinamakan al Fatihah (pembukaan), karena mushaf dibuka dg surat ini dan setiap sholat dibuka dengannya.

UMMUL KITAB, ummul kitab dan Asas Al Quran. Ummi (ibu) ialah penyebab awal kehidupan seseorang, dlm kondisi yg paling sulit, manusia akan kembali kepada ummi-nya. Al Fatihah dinamakan ummul kitab dan ummul Quran karena al Quran dimulai dengannya, dan dalam kondisi yg paling sulit, disaat semua teori manusia sudah kehingan energinya, manusia akan akan kembali kpd solusi al Quran dan seluruh makna Quran merujuk kpd 7 ayat ini. Dan disaat semua org sudah tdk peduli dg al Quran, AlFatihah insya Allah masih ada dihatinya.

AS SAB’UL MATSANI (tujuh yg berulang), karena surat ini selalu dibaca berulang inimal 17 kali sehari semalam. Pengulangan ini menyiratkan ada makna besar dibalik surat ini. Tdk mungkin diulang sebanyak itu jika kandugannya tdk banyak manfaatnya.

AL QURAN AL ‘AZHIM, istilah ini secara eksplisit menyebutkan keagungan surat ini, seakan al Quran adalah al Fatihah itu sendiri.

ALKAFIYAH, karenanya, para ulama menamakan surat ini dengan al Kafiyah (cukup)
Al Kafiyah (sempurna), karena ia satu kesatuan, tdk boleh membaca setengah surat, kemudian dilanjutkan dirokaat berikutnya. Al Kafiyah menyiratkan bahwa ia totalitas, tdk akan efektif kekuatannya jika hanya diambil sebagian dan ditinggalkan sebagaian

AS-SYIFA (obat), alFatihah mengandung energi penyembuh yg diidap oleh masyarakat. Ia juga dinamakan Ruqyah, nama ini menyiratkan alFatihah dapat menyembuhkan orang dari penyakit akibat gangguan jin. 

AL WAQIYAH (pelindung), Yahya bin Ab Katsir, memahami alFatihah mampu melindungi diri, keluarga, dan masyarakat dari berbagai hal yg tdk dinginkan

alFatihah dinamakan juga SHOLAT, karena sholat dimulai dg surat ini, dan tdk sah sholat seseorang jika tdk membaca surat alfatihah. Penamaan ini mengandung arti jika salah satu pekerjaan penting , bahkan terpenting seperti sholat tdk boleh mengabaikan al fatihah, apalagi mengisi kehidupan dlm rentang yg relatif panjang. Mengabaikan pemaknaan al fatihah dlm mengisi kehidupan sebagian/seluruhnya akan membuat hidupnya tdk berkualitas, bahkan keberadaan kita di muka bumi ini tdk sah dan ilegal

Mengajarkan al Fatihah sepanjang Hayat
Rasulullah memahami benar kehebatan al fatihah. Karenanya, belau sangat antusias mengajarkannnya kpd para sahabat. Keseriusan Nabi mengajarkan al fatihah terlihat dalam rentang waktu beliau mensosialisasikan dan mengajarkan maknanya. Meskipun surat ini turun di Mekah, tetapi beliau tetap mengingatkan makna keagungan surat ini hingga periode Madinah.


KLIK DOWNLOAD PowerPoint  |  Universitas Kehidupan Berbasis Al-Fatihah

DOWNLOAD MATERI LAINNYA POWERPOINT KLIK DISINI

Berbagi dengan Admin Follow @referensimuslim atau @GozaliSudirjo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Universitas Kehidupan Berbasis Al-Fatihah | Download PowerPoint "

Post a Comment

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih