FOKUS dengan Profesi GURU!

referensimuslim.com - Hari ini saya ingin share hasil membaca kitab Ihya Ulumuddin karya Imam al Ghazali (versi bahasa Arab ada 4 jilid). Di jilid ke 2 hal. 61-63 disebutkan,

Konsep pekerjaan (مهنة) dalam pandangan Imam Ghazali adalah sebagai benteng keluarga agar tidak memberatkan orang lain.

Cara halal bagi seorang hamba dalam mencari rezeki adalah dari hasil pekerjaannya atau dari perniagaan yang sah, atau hasil kreasi yang berasal dari karyanya sendiri. Rasulullah SAW mengajurkan kita untuk mencari rezeki melalui perniagaan karena 9/10 rizki berasal dari perniagaan.

Rasulullah memperingatkan: Darangsiapa yang membuka satu pintu (menjadi) peminta minta, maka Allah akan bukakan untuknya 70 pintu kemiskinan dan kefakiran. (HR. Tirmidzi)

*****
Dan yang menjadi fokus saya (2/63) keterangan berikutnya yang barangkali masih jarang menjadi tema tema pembicaraan. Kalau pintu rezeki ada 10, 9 pintu dari berdagang, sangat sering Anda dengar. Baca, pahami, hayati, dan kaitkan dengan Profesi Anda saat ini!

*****

Bahwa termasuk orang yang LEBIH BAIK tidak berniaga (tarkul kasb afdlalu) adalah orang orang  Alim, yang sibuk dalam pendidikan ilmu dzohir yang bermanfaat bagi manusia dan agama mereka seperti Mufti (ahli Fiqih), Mufassir (ahli Tafsir), Muhaddits (ahli Hadits) dan lainnya (seperti Guru/Dosen) atau seperti Gubernur, Hakim atau pejabat lain yang mereka semuanya sudah ditanggung dari harta (gaji) yang memang disediakan untuk kemaslahatan kaum muslimin.

Konsentrasi dan ke-FOKUSan mereka terhadap tugas yang diberikan (oleh lembaga pemerintah/swasta) adalah lebih baik daripada mereka sibuk mencari pekerjaan (sampingan) yang lainnya.

Demikianlah, kenapa saat diangkat menjadi Nabi dan Rasul, wahyu yang turun kepada beliau,
"Maka bertasbihlah kepada Tuhanmu dan jadilah hamba yang selalu bersujud"
tidak ada wahyu dengan teks "maka jadilah pedagang"

Dan dalam Siroh pun, disebutkan Abu Bakar setelah menjadi khalifah, ia FOKUS dengan tugasnya dan tidak berdagang lagi.

****
Jika Anda kaitkan dengan konsep al Ashr, maka FOKUS, YAKIN, UNGGUL, & PETA dengan Profesi GURU yang telah menjadi PILIHAN Anda tentunya lebih BAIK!

Terus latih dan asah setiap hari profesi Anda dengan konsep Al Ashr ini, rasakan bedanya!!

Pemenang FOKUS dengan potensi diri untuk menang. Sedang Pecundang, selalu FOKUS dengan kesuksesan dan kemenangan orang lain!


Gozali Sudirjo
Founder & CEO Referensi Muslim
http://referensimuslim.com

Bergabung Grup Khusus klik:
https://www.facebook.com/groups/848358288598153/  

Berbagi dengan Admin Follow @referensimuslim

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FOKUS dengan Profesi GURU!"

Post a Comment

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih