3 Karakter Manusia

referensimuslim.com - Dalam momentum Idul Adha, Anda, Saya dan seluruh Umat Islam kembali diingatkan dengan 3 Karakter Manusia yg disebutkan dalam Surat Al Fajr.

Pertama, waktu yg tiap hari kita lewati sejatinya momen momen berharga. Allah bersumpah ; demi waktu fajar, 10 malam, hari genap ganjil, malam yg berlalu. (1-4)
 

Apakah kita merenungi dan memaksimalkan waktu waktu tsb?! (5)

Dalam hal ini karakter manusia sering lupa dg nikmat waktu ini.

Kedua, manusia kerap sombong dg teknologi, kecanggihan materi, bahkan berujung ingkar dg kekuasaan Allah. Contoh kaum Ad, Tsamud, dan Firaun yg dibinasakan dg kehancuran kehinaan ialah bukti kekuasaan Allah. Manusia tiada daya dan lemah dihadapan Nya. (6-14)

Ketiga, tabiat manusia merasa mulia dg harta, dan begitu juga sebaliknya merasa hina tanpa harta. (15-16)

Padahal tidaklah demikian. Manusia serakah menjadikan lupa menyantuni yatim nan miskin, memakan harta waris dg menghalalkan segala cara, dan cinta harta membabi buta. (17-20)

Manusia akan tersadar, jika kematian tiba, menemui Tuhan Semesta Alam, menyaksikan malaikat berbaris, dan menyaksikan panasnya Neraka.

Tiada guna kesadaran saat itu, hingga mengatakan alangkah menyesal, jika seandainya dulu saat di dunia beramal shaleh.

Dzat yang serba maha hari itu terlihat dengan jelas kekuasaan-Nya. Orang yang tadinya beriman dan yakin akan kebesaran dan kekuasaan-Nya akan semakin puas. Dan orang yang mengingkari-Nya pada hari itu terpaksa mengakuinya dengan berjuta penyesalan. Karena murka dan azdab-Nya sangat pedih dan menyakitkan. Tiada yang sanggup menghindar dari siksaaan-Nya. (21-26)

Demikianlah, semoga kita terhindar dari 3 karakter ini dan hanya jiwa jiwa yg lembut, selalu dekat dg Allah, ia yg akan dipanggil spesial dan dipersilahkan memasuki surgaNya. (27-30)

Semoga ibadah sholat, shaum, sedekah dan qurban kita di terima di sisiNya.

Gozali Sudirjo
Founder & CEO Referensi Muslim
http://referensimuslim.com

Bergabung dg ribuan lainnya di Grup Khusus klik:
https://www.facebook.com/groups/848358288598153/
 
*) Khutbah Idul Adha, Senin 12 September 2016 di Soreang Kab. Bandung

Photo:
Haji Joko dan Haji Karim pengurus dan sesepuh DKM Masjid Al Islam

Berbagi dengan Admin Follow @referensimuslim

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Karakter Manusia "

Post a Comment

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih