Tadabur Surat al Insyirah | Download PowerPoint

referensimuslim.com – Ahad, 18/9/16 kembali bisa duduk bareng bersama Komunitas Al Quran (ODOJ) Kab. Subang. Acara yang rutin dilaksanakan tiap bulan ini bertempat di masjid Agung Subang. Kali ini tema kajian tadabur Surat Al Insyirah, berikut file materi powerpoint, silahkan dibagikan. Semoga bermanfaat!

Pengantar Surat
Dalam al Itqan fi Ulumil Quran, menurut para ulama, surat Alam Nasyrah diturunkan di Makkah setelah surat adh-Dhuha sebagaimana urutannya dalam mushaf utsmany.

Dalam al Mu’jam al Mufahros li Alfazhil Quran, Arti: Kelapangan, Juz 30, Surat ke-94, Urutan Wahyu ke-11, Jumlah Ayat 8, Jumlah Kata 27, Jumlah Huruf 102.

Surat ini memiliki beberapa nama selain Alam Nasyrah, di antarnya: Asy-Syarh, seperti yang terdapat dibanyak cetakan mushaf sekarang dan buku-buku tafsir. Juga al-Insyirah seperti yang disebutkan Imam Jalaluddin as-Suyuthi dan Ibnu al-Jauzy dalam tafsirnya.

Intisari Surat
Surat ini merupakan kelanjutan surat sebelumnya, karena sama-sama membahas kepribadian Nabi Muhammad saw dan kondisi yang dihadapi oleh beliau. Keduanya juga menyebutkan kenikmatan-kenikmatan yang diberikan Allah.

Jika di surat sebelumnya Allah menyebutkan tiga nikmatnya: Allahlah yang memberikan ‘inayah (perlindungan) saat kondisi beliau yatim, fakir dan kebingungan. Maka pada surat ini, Allah tambahkan tiga nikmat-Nya yang lain: nikmat kelapangan dada, meringankan beban beliau saat berhadapan dengan kaumnya ketika menyampaikan risalah kenabian yang tak ringan, juga Allah tinggikan kedudukan dan derajat beliau baik di bumi maupun di langit melebihi segala ciptaan-Nya yang pernah dan yang akan ada.

Hal ini  hanya diperuntukkan kepada beliau demi menghibur sekaligus menguatkan azamnya. Di tengah teror yang tak henti-hentinya dari musyrikin Makkah.

Di akhir surat ini, Allah memerintahkan untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya, juga untuk beribadah setelah menyampaikan risalah.

Perpindahan-perpindahan aktivitas tersebut merupakan refleksi rasa syukur kepada Allah swt atas karunia nikmat-nikmat-Nya yang sangat banyak yang tak memungkinkan untuk dihitung-hitung apalagi untuk dibalas.

Download :

---
Gozali Sudirjo
Founder & CEO Referensi Muslim
http://referensimuslim.com

Bergabung dg ribuan lainnya di Grup Khusus klik:
https://www.facebook.com/groups/848358288598153/

Berbagi dengan Admin Follow @referensimuslim

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tadabur Surat al Insyirah | Download PowerPoint"

Post a Comment

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih