KURIKULUM 24 JAM DAN SYARIAT ISLAM


referensimuslim.com - Mendengar kata syariat Islam, apa yang ada dibenak Anda? Kuliner, sholeh, surga atau kedamaian? Kalau jawabannya bukan yang saya sebutkan berarti Anda sudah terpengaruh dengan propaganda para musuh Islam, setuju atau sepakat?!

Apa pula kurikulum 24 jam? Baru dengar, atau baru mendengar?! Dan selanjutnya apa maksud judul “Kurikulum 24 Jam dan Syariat Islam”?! bingung kan? Atau bingung pake “banget”?!
Begini ceritanya, di masa sekarang belajar agama sudah mulai diabaikan, tapi kenyataannya 24 jam waktu yang diberikan Allah kepada kita, semuanya dibingkai dengan agama. Lah kok bisa?

Begini, saya ajukan beberapa pertanyaan,
Siapa yang menerbitkan matahari tiapa pagi? Tidak pernah telat kan?!
Siapa yang memberikan oksigen kepada kita sehingga kita bisa bernafas?
Setiap hari kita mendengar berita kematian, dan kematian itu pasti, siapa yang menentukan kematian?
Siapa yang menurunkan hujan dari langit?
Siapa yang menjadikan buah kelapa dalamnya ada air kelapa?
Siapa yang menumbuhkan tanaman dan beragam macam buah-buahan (asam, manis, pahit)?
Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya ....

Kita hanya bisa menjawabnya dengan bingkai agama dan tentunya syariat Islam bagi umat Islam!
Kembali ke judul, itulah selama ini, 24 jam sehari semalam bagi kita umat Islam tidak lepas dari syariat Islam. Sudah cukup jelas? Belum ternyata ....

Umat Islam menjaga kebersihan, melaksanakan syariat islam kan?
Umat Islam giat bekerja, mencari penghasilan yang layak, melaksanakan syariat Islam kan?
Generasi Islam belajar dengan rajin, mencari sekolah dengan kualitas yang baik, melaksanakan syariat Islam kan?
Umat Islam memilih makanan yang halal dan baik (thoyib), melaksanakan syariat Islam kan?

Umat Islam menjaga kehormatannya dengan munutup aurat, melaksanakan sholat lima waktu, shaum di bulan Ramadhan, membayar zakat, melaksanak ibadah haji, membagi waris dengan ketentuan Islam, makan dengan tangan kanan, menggosok gigi, memotong kuku, mengganti kaos kaki, mandi tiap hari, baju disetrika, berpenampilan rapih bersih, bertutur kata jujur, santun dan sopan, hormat dan berbakti kepada orang tua, menghormati guru, belajar membaca quran, membaca artinya, memahami maknanya ... semuanya yang kita lakukan selama 24 jam dalam rangka menegakkan syariat Islam kan???

Jawab lah, iya atau iya pake “banget”?!

Ketahuilah bahwa munculnya kalangan yang anti dengan syariat Islam, padahal mereka sendiri beragama Islam, karena terjadi ketimpangan dan kesalahan fatal sejak awal. Dan yang paling bertanggung-jawab dengan kesalahan itu bukan siapa-siapa, tetapi kita sendiri.

Kita tidak pernah mengajarkan syariat Islam kepada anak-anak kita sejak mereka masih kecil. Kita hanya sibuk menjejalkan kepala mereka dengan ilmu-ilmu eksak, yang sama sekali tidak pernah menyentuh ajaran Islam. Padahal 24 jam keseharian kita semuanya harus dibingkai dengan syariat Islam.

Tidak sedikit orang tua yang cemas kalau melihat raport anaknya merah pada pelajaran Umum. Sehingga akhirnya dengan susah payah anak-anak itu diwajibkan ikut berbagai macam les, kursus, atau pelajaran tambahan. Tetapi ketika anak-anak itu tidak tahu bagaimana cara memandikan jenazah, belum pernah ada yang merasa cemas. Padahal jika kita sebagai orang tua meninggal nanti, yang paling berhak memandikan jenazah kita adalah anak-anak kita! Betul? Apa betul pake “baggeeeeet”?!

Jadi, sebenarnya kita melihat hari ini ada kalangan yang anti dengan syariat Islam yang telah diajarkan Rasulullah SAW, penyebabnya ternyata kita sendiri yang sangat tidak peduli.

Maka belajar dan mengajarkan ilmu syariah saat ini bisa kita anggap sebagai bayar hutang atas kesalahan kita di masa lalu. Dan sebenarnya kita tidak perlu berhadapan dengan kalangan yang anti dengan syariah Islam. Sebab sejak kecil mereka sudah kita ajarkan alif-ba-ta ilmu syariah ini. Sejak mereka masih duduk di TK/TPA, yang saat ini cukup tersebar di berbagai masjid, madrasah, majelis taklim dan pengajian. Di pesantren atau Islamic Boarding School dengan branding kurikulum 24 jam inilah bentuk tanggungjawab dan ikhtiar kita hari ini dalam menjaga syariat islam!


Gozali Sudirjo
Founder & CEO Referensi Muslim
http://referensimuslim.com 

Bergabung dg ribuan lainnya di Grup Khusus klik:
https://www.facebook.com/groups/848358288598153/


Berbagi dengan Admin Follow @referensimuslim

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KURIKULUM 24 JAM DAN SYARIAT ISLAM"

Post a Comment

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih