MENAMBAH KOLEKSI BUKU MAKTABAH SYAMILAH

Maktabah syamilah adalah aplikasi wakaf, gratis yang paling populer dipakai saat ini. Diantara kelebihannya; aplikasi ini memuat ribuan kitab dari berbagai disiplin ilmu, dan yang paling disuka dari aplikasi ini adalah bisa menambah koleksi kitab sesuai dengan kebutuhan pemakaianya secara online. Versi terbaru adalah Maktabah Syamilah 2 sekitar 14GB.

Koleksi buku Maktabah Syamilah bisa ditambah secara manual. File standar yang dibuat khusus untuk kitab-kitab Maktabah Syamilah adalah file ber-ekstensi BOK. File-file *.BOK ini telah disediakan dengan koleksi yang cukup lengkap di internet pada alamat: http://islamport.com/index2.html atau di www.shamela.ws

Disamping itu, program Maktabah Syamilah juga menerima file-file teks yang umum seperti DOC, RTF, TXT maupun file-file web page (HTM, HTML, PHP, ASP, dll). Hanya saja file BOK memiliki kelebihan khusus karena telah menyediakan fasilitas semacam daftar isi yang mudah ditelusuri dengan Maktabah Syamilah.

Klik ikon pada toolbar yang diberi tanda pada gambar di bawah ini:




Sekarang Maktabah Syamilah menampilkan jendela yang terdiri dari tiga panel. Di bagian atas terdiri dari dua bagian (kiri dan kanan) sekilas tampak seperti program “Windows Explorer” untuk mencari letak file-file (dalam komputer) yang ingin dimasukkan ke dalam koleksi Maktabah Syamilah. Carilah file-file yang sebelumnya telah Anda sediakan pada hardisk, CD atau flashdisk Anda. Dengan mengklik ikon-ikon folder pada panel sebelah kiri atas maka file-filenya akan tampak pada panel sebelah kanan.


Setelah satu atau lebih file yang ingin dimasukkan telah tampak maka lakukanlah drag (klik dan tahan tombol mouse) terhadap satu atau lebih file yang ingin kita masukkan dari panel sebelah kanan atas ke dalam panel di bagian bawah.


Maka di panel bagian bawah akan tampak daftar alamat file yang ingin kita masukkan tersebut.


Jangan lupa sebelumnya tentukanlah di kategori mana, buku baru tersebut akan anda masukkan. Pilih salah satu kategori yang sesuai dengan mengklik yang terdapat dalam kotak sebelah kiri atas pada panel bagian bawah tersebut.

Sekarang proses memasukkan file-file BOK ke dalam database siap dimulai dengan mengklik ikon bergambar seperti “petir” pada toolbar yang ada di sebelah kiri panel. Proses akan berlangsung beberapa lama sesuai dengan banyaknya buku yang akan dimasukkan. Tungguh hingga proses selesai.















SELAMAT MENGGUNAKAN SEMOGA BERMANFAAT!

link: www.arabindo.co.nr

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MENAMBAH KOLEKSI BUKU MAKTABAH SYAMILAH"

  1. tambah koleksi buku di situs resmi maktabah syamilah www.shamela.ws

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum,
    Saya memiliki Maktabah Syamilah Versi Resmi 1 di rumah. Saya hendak mengelompokkan file - file kitab atas penulisnya, misalnya saja kitab - kitab yang ditulis oleh Imam Nawawi. Nah saya sudah membuat satu kategori baru dengan nama Imam Nawawi di situ. Tetapi ketika saya mau menambahkan kitab berformat .bok ke situ kok tidak bisa - bisa ya. Apakah ada yang perlu di enable dulu ataukah tidak? Jazakallah atas bantuannya.

    ReplyDelete

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih