Paradigma Ilmu Dalam Islam | Download Materi Islamic Trainig Leadership UNPAS 2016


refensimuslim.com - Alhamdulillah di bulan April 2016 ini kami berkesempatan berbagi dengan Peserta Islamic Training Leadership (ILT) yang diselenggarakan oleh DKM Ulul Ilmi Unpas (Universitas Pasundan) di As-Syifa Boarding School Subang. Berikut ringkasan materinya, silahkan di Download dan semoga bermanfaat!

Peserta Islamic Training Leadership (ILT) yang diselenggarakan oleh DKM Ulul Ilmi Ilmi Unpas di Boarding School - See more at: http://lp2si.unpas.ac.id/photo-kegiatan-lp2si-02/#sthash.PKiMJrJt.dpuf
Risalah Islam mendudukkan posisi ilmu pada tempat yang mulia dan menuntun orang untuk memiliki ilmu. Dalam surat al Baqarah ayat 26 terdapat sebuah pengertian bahwa di atas imanlah manhaj (konsep) keilmuan itu diletakkan, iman berfungsi menjaga ilmu dari penyimpangan, mengaitkan ilmu dengan Sang Pemilik Ilmu serta menjadi platform dalam realisasi ilmu pada realitas kehidupan manusia.

Ilmu yang diserukan dalam al Qur’an al Karim adalah ilmu dengan pemahamannya yang menyeluruh, mengatur segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia dalam segala aspeknya baik kehidupan fisik, pemikiran dan spiritualnnya. Dalam pengertian ini maka yang dimaksid ilmu dalam Islam adalah sebuah kebenaran yang bersumber dari al Qur’an dan sunnah dan dibangun di atasnya, serta tidak hanya yang terkait dengan ayat-ayat qauliyah saja, melainkan pula kauniyyah, yang menjamin kesuksesan hidup di dunia dan di akhirat.

Ragam corak pemikiran para ulama tafsir memberikan sebuah bingkai pemikiran tentang mafhum (paradigma) ilmu dalam al Qur’an. Asas dan sumber rujukan ilmu serta kebenaran, maksud ilmu dalam al Qur’an, tujuan, ruang lingkup hingga proses  keilmuan. Pendapat-pendapat ini juga mengetengahkan cara berfikir yang komprehensif mewujudkan kesatuan asal, undang-undang atau peraturan dan kesatuan akhir dari kehidupan manusia, dalam poros inilah keilmuan Islam itu bergulir.

Al Qur’an juga mendorong manusia untuk menjauhkan model pemikiran yang hanya berputar pada tataran ide semata, melainkan harus diaplikasikan, serta melakukan eksperimen untuk membuahkan penemuan-penemuan baru dalam menjalankan misinya di muka bumi.

Download
Klik File Doc (24KB)
Klik File PowerPoint (2MB)

Baca : Cara Download di referensimuslim.com
Baca juga :  Empat Paradigma Belajar Seorang Muslim - Ust Anis Matta

Catatan: Jika link rusak mohon tulis di kolom komentar


Berbagi dengan Admin Follow @referensimuslim atau @GozaliSudirjo

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Paradigma Ilmu Dalam Islam | Download Materi Islamic Trainig Leadership UNPAS 2016"

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih