Materi LTIQ Assyifa Menyikapi Perbedaan Pendapat Fiqih

referensimuslim.com
referensimuslim.com – alhamdulillah bisa berbagi lagi siang ini, admin setiap tahun mendapat amanah untuk santri baru LTIQ (Lembaga Tahfizh dan Ilmu Al-Quran) As-Syifa, menyampaikan materi Menyikapi Perbedaan Pendapat Dalam Fiqih.

Hal ini sangat diperlukan, karena santri berasal dari baragam daerah yang berbeda, latar belakang ormas yang berbeda, berasal dari alumni sekolah berbasis pesantren atau umum, sehingga materi ini secara rutin kami sampaikan di awal tahun meraka menimba ilmu di ponpes Assyifa.

Kita diciptakan memang berbeda,
“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian kaum lelaki dan perempuan, serta menjadikan kalian bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kalian saling mengenal (kerjasama), sesungguhnya manusia mulia di hadapan Allah Swt adalah mereka yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al-Hujurat: 13)

Menyikapi Perbedaan Pendapat dalam Fiqih
Proses terjadinya fiqih, macam-macam perbedaan, perbedaan antara ikhtilaf (perbedaan) dan tafaruq (perpecahan), hakikat perbedaan, penyebab perbedaan, bagaimana adab dalam menyikapi perbedaan, dan pelajaran dari para ulama salaf dalam menyikapi perbedaan. Point-point tersebut disampaikan dalam masa orientasi santri LTIQ Assyifa.

Materi Lengkap Menyikapi Perbedaan Pendapat dalam Fiqih KLIK DOWNLOAD

Pelajaran dan Teladan dari Ulama Salaf
Al-Imam Asy-Syafi’i  berkata, ”Pendapatku, menurutku, adalah benar, tetapi ada kemungkinan salah. Dan pendapat orang lain, menurutku, adalah salah, namun ada kemungkinan benar.”

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, ”Seandainya setiap kali dua orang muslim yang berbeda pendapat dalam suatu masalah itu saling menjauhi dan memusuhi, niscaya tidak akan tersisa sedikitpun ikatan ukhuwah diantara kaum muslimin.” (Majmu’ Al-Fatawa : 24/173)

Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri berkata,”Dalam masalah-masalah yang diperselisihkan diantara para ulama fiqih, aku tidak pernah melarang seorang pun diantara saudara-saudaraku untuk mengambil salah satu pendapat yang ada.” (Al-Faqih wal Mutafaqqih: 2/69) 

Silahkan Baca Juga: Download Modul Dirosah Fiqih Ibadah Lembaga Tahfizh dan Ilmu Al-Quran (LTIQ) Yayasan As-Syifa

Berbagi dengan Admin Follow IG @referensimuslim_

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi LTIQ Assyifa Menyikapi Perbedaan Pendapat Fiqih"

Post a Comment

Anda bisa berkomentar disini. Komentar berisi pertanyaan atau saran mengenai konten yang disajikan di website ini. Terima kasih